Design by Theme Junkie | Blogger Template by NewBloggerThemes.com

Mau Nyari Apa?

Cari Disini Ya!

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan)

Loading...

#blog-pager{font-size:normal}.showpageArea{font-family:verdana,arial,helvetica;color:#000;font-size:11px;margin:10px}.showpageArea a{color:#000;text-shadow:0 1px 2px #fff;font-weight:normal}.showpageNum a{padding:2px 8px;margin:0 4px;text-decoration:none;border-bottom:2px solid #5fb404;border-top:2px solid #5fb404;background:#effbf5}.showpageNum a:hover{border-bottom:2px solid #df01d7;background:#a9f5f2;border-top:2px solid #df01d7}.showpageOf{margin:0 4px 0 0}.showpagePoint{color:#fff;text-shadow:0 1px 2px #333;padding:2px 8px;margin:2px;font-weight:700;border-bottom:2px solid #5e610b;border-top:2px solid #5e610b;background:#5e610b;text-decoration:none}
Diberdayakan oleh Blogger.

Berlangganan

Blogger templates

Blogroll

Belajar Ekonomi; Biaya Peluang atau Opportunity Cost

  Menurut Paul A. Samuelson, Economics is the science of choice . Dalam setiap keputusan yang muncul di depan kita, apakah memutuskan untuk ...

Sabtu, 01 April 2023

Puncak gunung merapi mengepulkan awan wedus gembel, pertanda siap memuntahkan lava panas. angin bergemuruh, petir menyambar luar biasa.

duar, duar, duar.

sejak seminggu yang lalu, pendakian ke gunung merapi sudah di tutup, karna kondisi di puncak yang tidak memungkinkan, sedang terjadi badai.

satria, pemuda 21 tahun. tanpa memperdulikan peringatan larangan mendaki, tetap nekat mendaki gunung merapi.

satria :" harus tetap mendaki, walaupun badai juga tidak masalah, sudah kadung janji". Ucap satria dalam hati.

dengan perlengkapan yang sudah disiapkan, satria tetap melanjutkan pendakian, satria mendaki lewat jalur kaliurang. Banyak petugas yang sudah berjaga-jaga di pos untuk menghentikan pendaki melalui jalur tersebut.

satria mengendap-endap sampai melempar batu ke arah berlawanan agar mengecoh penjaga di pos pendakian. dengan perlahan namun pasti satria mampu melewati pos keamanan dengan aman.

kompas yang ada di tas satria langsung diambil, kompas bidik. tidak sia-sia satria aktif dalam gerakan pramuka. langsung arahkan kompas bidik ke puncak merapi, ketemu derajat 230. ke arah utara. langsung kunci arah tersebut.

dengan pasti walaupun keadaan sekitar kurang nyaman, sedang badai. satria tetap berjalan sesuai jalur. sesekali satria istrahat untuk memakan cemilan yang sudah dibawa.

satria membawa misi yang sangat penting, sudah terlanjur janji dengan almarhum kakeknya, untuk menebar abu kakeknya di puncak merapi.

kakek satria, eyang wisnu, masih menganut agama hindu, baru dari genarasi ayahnya, banyak yang sudah muallaf. namun perbedaan agama tadi tidak mengurangi sedikitpun kecintaan eyang wisnu kepada satria.

suatu ketika pernah kejadian satria jatuh ketika bermain di jalan, dengan sigap eyang wisnu langsung menggendong dan menenangkan satria yang nangis tersedu-sedu. darah mengucur di kening satria, dengan tenang eyang wisnu mengusap luka tadi, kemudian berkata "cah lanang ojo gampang nangis, kuat yo le. Sesuk simbah tukoke es krim"

"huuuu,huuuu, loro mbah, loro banget, kui tenan yo mbah, tumbaske es krim, sing okeh".

"Iyo, tenan. menengo, iki yo wis mandeg le, ora ngucur meneh getihe".

1 tahun lalu eyang wisnu di vonis kanker oleh dokter, stadium 4. Sudah menjalani kemoterapi beberapa kali. Satria berulang kali mengantar kakeknya sekolah. Sedih rasanya, kakek semakin kurus, tidak selincah dulu. 

"Satria ngenteni rene yo mbah, ijin dulu kuliahnya, oleh yo mbah?" minta ku pada kakek

"Le, mangkat kuliah rono. simbah dewea ra popo?'

Begitulah Eyang Wisnu, selalu kuat menanggung semuanya sendiri...

                                                ---To Be Continued---


Karena yang tersembunyi di hati dapat tercermin dari wajah dan mata. Tapi bukan hanya terus-terusan memperbaiki wajah dan memperindah mata saja, Hati lah kuncinya. Contact me satriowijoyo@bigspace.my.id

0 komentar:

Posting Komentar